Media sosial telah menghadapi reaksi keras sejak mendapatkan popularitas. Hal itu dituding membuat kita semakin antisosial, kurang percaya diri, bahkan depresi. Berkat teknologi, kita sekarang lebih terhubung daripada sebelumnya. Ini adalah tentang bagaimana cara kita untuk menggunakan konektivitas itu meskipun itu penting.

Menciptakan Kesadaran Sosial

Mari kita ambil contoh bagaimana Media Sosial datang menyelamatkan kita selama gelombang kedua pandemi. Dari menghilangkan berita palsu hingga menghubungkan orang dengan sumber yang tepat, media sosial adalah sumber informasi yang penting dan penting bagi banyak dari kita.

Selain itu, media sosial adalah tempat yang tepat untuk terinspirasi oleh mereka yang bekerja untuk membawa perubahan. Konten yang terkait dengan keberlanjutan, lingkungan, perubahan iklim membuat perbedaan besar pada cara orang berpikir tentang tindakan mereka.

Meningkatkan Produktivitas

Ada suatu masa ketika media sosial diperlakukan sebagai sarana untuk melarikan diri dari kenyataan, tetapi hari ini, itu telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Sekarang, tergantung orangnya mau mengkritik atau memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Menggunakan jejaring sosial sebagai alat dapat membantu secara luas dalam meningkatkan aksesibilitas dan produktivitas. 

Tugas-tugas yang dulunya membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan kini dapat diselesaikan dengan akurat dalam hitungan detik dengan jaringan yang begitu luas. Ini menghemat waktu dan orang-orang dapat memasukkan tugas-tugas penting lainnya ke dalam jadwal mereka.

Apa Saja Manfaat Media Sosial yang Tidak Pernah Terpikirkan?

Mendemokratisasi Kekuatan Pengaruh

Untuk dapat mempengaruhi ada hak istimewa yang tersedia untuk sebagian kecil dari dunia. Seperti di industri hiburan, dulu hanya segelintir orang yang bisa mencapai jutaan. Hanya masyarakat kaya yang memiliki akses ke kekuatan jaringan. Tapi itu tidak terjadi hari ini. Dengan media sosial, bahkan seseorang yang duduk di desa terpencil dapat menghibur jutaan orang dan dapat menjadi bagian dari pengaruh masyarakat. Di satu sisi, itu membuat kemampuan untuk mempengaruhi demokratis.

Mendorong Kewirausahaan

Ada saat ketika bisnis harus membayar sejumlah besar uang kepada perusahaan periklanan atau untuk papan reklame hanya untuk mendapatkan visibilitas dan pengakuan. Media sosial memberikan sebuah peluang visibilitas. Setiap orang mendapat kesempatan yang sama di platform ini dari seseorang yang menjual mainan buatan tangan hingga seseorang yang menawarkan template situs web kreatif.

Seseorang tidak hanya bisa mendapatkan jumlah jangkauan yang sangat tinggi, tetapi mereka juga dapat melakukannya tanpa membayar sepeser pun. Hal ini membuat media sosial menjadi alat yang sangat membantu bagi pengusaha, dan mendorong mereka untuk berusaha lebih keras.

Penggalangan Dana dan Amal

Jejaring sosial seseorang dapat digunakan untuk mengumpulkan uang untuk tujuan yang baik. Penyelenggara dapat mempromosikan kampanye penggalangan dana dan melibatkan pengikut mereka dalam menyumbangkan uang. Badan amal menggunakan media sosial dengan cara yang cerdik ini, baik untuk meningkatkan kesadaran tentang suatu masalah maupun untuk mendapatkan sumbangan.

Mendapatkan Dukungan Sosial

Manusia cenderung mencari validasi dari orang lain untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Bertahun-tahun yang lalu, jika orang tertarik pada subjek yang unik atau bergulat dengan siapa mereka sebagai pribadi, mereka sering merasa terpinggirkan dan sendirian. Itulah ulasan tentang manfaat Media Sosial yang tidak pernah terpikirkan. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.