Trik untuk Mempercepat Transfer Data USB di Windows - Drive USB adalah cara yang ada di mana-mana untuk mentransfer data antar perangkat. Mengingat betapa kompak dan ringannya mereka, drive USB sederhana adalah salah satu perangkat penyimpanan portabel terbaik yang tersedia. Sangat umum untuk kecepatan transfer data USB melambat dari apa yang diiklankan oleh pabrikan. 

Akibatnya, prosesnya menjadi memakan waktu. Namun, meskipun jenis USB, usianya, dan port penghubung juga dapat memperlambat transfer data, masalahnya mungkin juga ada pada sistem Anda. Dengan demikian, jika kecepatan transfer data Anda telah dikurangi menjadi merangkak, coba perbaikan ini untuk meningkatkan kecepatan drive USB Anda. Berikut adalah trik untuk Mempercepat Transfer Data USB di Windows:

Matikan Keamanan Windows

Kecepatan transfer terkadang dapat dibatasi oleh keamanan Windows dan perlindungan waktu nyata. Anda mungkin mengalami hal ini saat menyambungkan USB untuk pertama kali atau saat perangkat yang Anda sambungkan telah terkena malware. Jika tidak dikonfigurasi dengan benar, Windows mungkin mendeteksinya sebagai ancaman palsu, yang mengakibatkan pemrosesannya melambat atau berhenti secara konsisten.

Berikut cara menonaktifkan perlindungan real-time keamanan di Windows:

  • Buka aplikasi Pengaturan Windows.
  • Klik Perbarui dan Keamanan dari opsi yang tersedia.
  • Di bilah sisi kiri, temukan Keamanan Windows dan klik di atasnya.
  • Dari opsi Area perlindungan, navigasikan ke Perlindungan virus & ancaman.
  • Gulir ke bawah dan klik Kelola pengaturan tepat di bawah Pengaturan perlindungan virus dan ancaman.
  • Matikan sakelar untuk perlindungan Real-time dan perlindungan yang diberikan Cloud.

Bagaimana Trik untuk Mempercepat Transfer Data USB di Windows?

Nyalakan kembali komputer Anda, sambungkan USB, dan mulai mentransfer file lagi. Jika transfer rate masih lambat, ada hal lain yang perlu digali lebih jauh.

Perbarui Driver USB Anda

Memperbarui driver USB akan memperbaiki pengaturan usang atau driver rusak yang dapat memperlambat kecepatan transfer data USB. Dengan kata lain, memperbarui driver meningkatkan kemungkinan menghidupkan kembali kecepatan transfer USB yang sebenarnya. Untuk memperbarui driver, Anda perlu mencolokkan USB ke port USB komputer Anda. Kemudian, klik kanan pada PC ini dan pilih Kelola. 

Di jendela pop-up baru, cari Device Manager di sisi kiri dan klik. Perluas kategori Disk drive. Dari sana, klik kanan pada drive USB Anda dan klik Perbarui driver. Pada jendela pop-up yang muncul, Anda harus memilih Cari secara otomatis untuk driver. Windows akan secara otomatis mencari dan menginstal driver untuk PC.

Instal Ulang Driver Perangkat USB

Terkadang, kecepatan transfer yang lambat disebabkan oleh pengaturan driver yang salah, tetapi terkadang memperbaruinya tidak cukup. Dalam skenario ini, menginstal ulang mereka memiliki peluang untuk mengembalikan kecepatan transfer Anda ke normal. Driver USB harus diinstal ulang untuk sepenuhnya mengatur ulang konfigurasi USB dan semua pengaturan sistemnya. 

Selain itu, ini tidak akan mengubah data drive Anda, jadi menginstal ulang tidak akan menyebabkan kerusakan pada file Anda. Untuk menghapus instalan driver perangkat USB Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan USB ke port USB yang relevan.
  • Arahkan ke Kelola dengan mengklik kanan pada PC Ini.
  • Klik Pengelola Perangkat di bilah sisi kiri.
  • Temukan perangkat USB yang terpasang dengan memperluas kategori Disk drive.
  • Klik kanan perangkat yang dicolokkan dan pilih Uninstall device.

Setelah mencopot pemasangan, cabut perangkat USB Anda dari komputer dan mulai ulang sistem Anda sekali. Windows akan secara otomatis menemukan dan menginstal driver USB ketika Anda memasang kembali perangkat USB yang sama setelah reboot.

Ubah Port USB

Port di komputer Anda juga dapat menjadi penyebab lambatnya transfer data. Mungkin port USB yang Anda sambungkan telah usang seiring waktu, atau mungkin tidak kompatibel dengan versi drive USB Oleh karena itu.

Pastikan Anda menghubungkan perangkat USB Anda ke port yang mendukung versi USB dan memastikan port dalam kondisi baik. Jika stik USB Anda menggunakan versi USB yang lebih tinggi daripada porta, coba temukan yang cocok di komputer Anda di suatu tempat.

Tingkatkan ke USB 3.0

Jika tidak ada perbaikan dalam daftar ini yang menyelesaikan masalah, masalahnya mungkin terletak pada versi USB Anda. Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan USB Anda ke USB 3.0 jika perangkat Anda kurang dari 3.0. Sambil memegang dua kali lipat kabel di kabel, kecepatan transfer dan transfer daya USB 3.0 lebih dari USB 2.0. USB 3.0 mampu kecepatan transfer data 4,8 Gbps. 

Hal yang lebih dari 480 Mbps USB 2.0. Akibatnya, peningkatan kecepatan transfer yang signifikan akan mempercepat proses transfer data secara drastis. USB 3.0 adalah pilihan yang lebih baik daripada USB 2.0, 1.1, atau 1.0. Itulah ulasan trik untuk Mempercepat Transfer Data USB di Windows. Semoga bermanfaat.