Hai sob! balik lagi nih. smartphone-mu mungkin bisa melakukan banyak hal. Tapi tidak jika ia kehabisan daya. Sayangnya, seiring bertambahnya usia ponsel, kamu mungkin menemukan bahwa ponselmu memerlukan waktu lebih lama untuk mengisi daya.

Jika biasanya hanya memerlukan waktu 2 hingga 4 jam untuk ponselmu mengisi daya secara penuh, kini ponselmu memerlukan waktu lebih dari 12 jam untuk mengisi daya. Baterai ponsel berisi dua elektroda (satu positif dan satu negatif) dan satu elektrolit. Melalui penggunaan, ion terbentuk di elektroda yang menggerakkan aliran elektronik ke terminal luar negatif baterai sehingga mengeluarkan daya.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi kinerja baterai. Cara pengisian, perangkat yang salah, hingga usia baterai dapat mempengaruhi cepat lambatnya pengisian baterai. Jika kamu menemukan ponselmu mengisi daya lebih lambat, kamu perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya segera mungkin. Berikut penyebab pengisian daya ponsel lebih lama dari biasanya, kami rangkum dari berbagai sumber.

Kabel charger yang buruk

Alasan paling umum mengapa proses pengisian daya ponselmu lebih lambat daripada sebelumnya mungkin tidak ada hubungannya dengan ponsel itu sendiri. Sebaliknya, kamu mungkin memakai kabel atau adaptor yang buruk, atau sumber daya yang lemah.

Kabel USB dapat menurun fungsinya, terutama di rumah-rumah dengan banyak pengguna dan perangkat. Kabel ini sering jatuh, bengkok, disimpan di lokasi di mana suhu bisa sangat bervariasi, dan bahkan diinjak. Karena itu, coba untuk ganti kabel dan lihat apakah itu menyelesaikan masalahmu.

Kabel tidak kebal terhadap keausan fisik dan konektor USB itu sendiri juga menjadi usang dan bisa terasa longgar. Jika kabel yang disertakan dengan perangkat ponsel tidak dapat diandalkan lagi atau kamu kehilangannya, berhati-hatilah untuk membeli opsi charger termurah secara online.

Kabel berkualitas lebih tinggi memiliki kawat tembaga dan enamel karet yang lebih tebal di sekitar kawat, membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan. Sementara beberapa kabel murahan menggunakan aluminium dan pengganti lain yang tidak tahan kerusakan.

Selain itu, banyak yang suka mengisi daya perangkat seluler mereka menggunakan port di komputer. Ini tidak selalu merupakan solusi yang ideal, tergantung pada usia komputer dan apakah port lain pada komputer sedang digunakan pada saat yang sama. Semua hal lain dianggap sama, kamu harus menggunakan sumber langsung untuk mengisi daya ponselmu. Dengan kata lain: gunakan pengisi daya dinding jika memungkinkan.

Masalah pada port USB

Kabel bukan satu-satunya elemen yang dapat mengalami masalah dari pengisian harian. Port pengisian daya ponsel juga dapat mengalami kerusakan. Lihatlah Port USB apakah ada korosi atau kotoran yang menyumbat.

Cobalah untuk membersihkan benda apa pun yang menyumbatnya. Namun, perlu berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen port USB. Gunakan tusuk gigi plastik untuk membersihkan port USB. Disarankan untuk menggunakan sikat kecil yang lembut untuk membersihkan bagian dalam port.

Jika kamu menemukan karat atau kerusakan pada port USB, segeralah bawa ke pihak yang lebih profesional. Kamu bisa melakukan penggantian port USB dan menjaganya agar tak berada pada suhu lembab dan basah.

Aplikasi Pada ponsel

Ponsel yang membutuhkan waktu lama untuk diisi daya juga dapat mengalami kesulitan menghemat baterai saat digunakan. Aplikasi jahat, atau aplikasi latar belakang secara umum, bisa menjadi alasan untuk ini. Ketika kamu merasa telah menemukan aplikasi jahat, hapus aplikasi itu dan lihat apakah usia baterai dan kecepatan pengisian meningkat.

Baik Android dan iOS sekarang memiliki alat untuk mengetahui aplikasi apa yang berjalan di latar belakang sistem ponselmu. Untuk perangkat berbasis Android, periksa menu penggunaan baterai yang terletak di Pengaturan> Baterai. Di iPhone pilih Baterai di aplikasi Pengaturan untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai.

Baterai sudah tua

Jika masalah belum terpecahkan dari tiga langkah diatas dan baterai masih butuh waktu lama untuk di-charge, kamu mungkin harus mengganti baterai. Pada akhir 2017, Apple dikritik karena cara perusahaan menangani baterai di iPhone yang menua.

Rahasia kecil industri adalah bahwa baterai lithium-ion tidak bertahan selamanya dan hanya dapat diisi ulang beberapa kali. Karenanya, bisa jadi baterai itu sendiri yang menyebabkan pengisian lambat. Bawa ponselmu ke pihak resmi untuk informasi lebih lanjut tentang penggantian baterai di perangkatmu.

Penggunaan berlebihan

Apakah kamu tipe orang yang harus menggunakan ponsel meskipun sedang diisi daya? Mungkin ini adalah alasan mengapa perangkatmu membutuhkan waktu lama untuk di-charge. Aplikasi seperti Facebook terkenal karena menguras daya tahan baterai pada ponsel.

Alih-alih melakukan ini, istirahatlah. Buat aturan bahwa kamu tidak akan menggunakan ponselmu saat sedang di-charge. Matikan Wi-Fi, data, Bluetooth atau lebih baik lagi, matikan sepenuhnya. Itu sebenarnya cara terbaik untuk mengisi daya ponsel dengan cepat: matikan, colokkan ke dinding dengan alat pengisi daya asli dan istirahat sejenak dari kehidupan digital.