Hai Sob! Siapa yang tidak mengenal google? , teknologi masa kini yang hampir digunakan semua pengguna internet yang paling mendunia dan populer  , google sering dipakai khalayak untuk menemukan informasi yang terdapat didalam sebuah website , bisa berupa teks, gambar ataupun video. 

Google menyediakan Google Search Engine yang biasa kita gunakan untuk mencari informasi dengan memasukkan kata kunci bisa berupa huruf atau angka sehingga dapat memberikan semua jawaban dari pertanyaan kita. 

Disamping kelebihan tersebut , karena google memuat sumber informasi penting didalam sebuah website terdapat suatu celah keamanan yang dapat menjadi target  peretas atau hacker menggunakan teknik  Google Dorking atau Google Hacking.

Google Dorking ini tujuannya adalah untuk mengembalikan infomasi yang sulit ditemukan dengan  menggunakan permintaan pencarian sederhana dengan menggunakan  Google Dork Query yaitu string pencarian dengan operator tertentu untuk dapat menemukan infomasi yang tidak tersedia secara umum didalam web. Hacker dapat menemukan username , password , database , dokumen sensitif , informasi keuangan dsb. 

Disini saya tidak akan membagikan ilmu mengenai peretasan ya Sob, dan saya juga tidak menganjurkan  untuk melakukan Hacking karena dapat disalah gunakan untuk memasuki sistem lain yang merupakan tindakan ilegal dan juga merupakan tindak kejahatan. 

Namun disisi lain Dorking ini dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat , karena pada saat melakukan pencarian pada Google Search Engine kita dapat menemukan apapun yang kita mau , contohnya untuk mencari referensi yang berupa Artikel (Jurnal Ilmiah), Makalah dll sebagai bahan pengumpulan materi/referensi pembuatau karya tulis ilmiah sesuai kebutuhan. Caranya adalah menggunakan parameter pencarian yang diketikkan dalam kolom pencarian google dengan beberapa jenis kata kunci dork.

lanjutan : Beberapa Kata Kunci Google Dork dan Cara Menggunakannya