Hallo Sob balik lagi nih di blog AnwarPedia. kali ini saya ingin memberikan materi seputar copywriting..

Apa itu copywriting?

Sudah tahu belum apa itu copywriting? nah jika kalian belum tahu, kalian mesti mendalami ilmu ini loh gays..
kenapa harus mendalami? jadi gini gays. pada saat ini teknologi makin berkembang.. semakin berkembangnya teknologi maka semakin ketat juga persaingan bisnis. beberapa perusahaan membutuhkan jasa copywriting ini loh gays agar dapat melawan bisnis bisnis lain..

ok, kita balik ke awal. jadi apa itu copy writing?
Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan – tulisan ini di disebut copy. Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan Anda.
Sementara copywriter adalah seseorang yang melakukan copywriting ini ya gays.. gimana paham?

oke deh, kalau paham, kita lanjut ya..

Apa tujuan copywriting?

Copywriting bertujuannya ialah untuk promosi produk dan jasa dan erat kaitannya dengan suatu brand khusus atau perusahaan. Mengetahui deskripsi pekerjaan copywriter memang penting adanya.

Bekerja sebagai copywriting bukan hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan skill atau juga kemampuan yang khsusu agar bisa menjadi seorang copywriter. Pekerjaan ini juga bisa berkaitan dengan media online, surat kabar, TV, atau bahkan radio. Tentu saja copywriter sebuah media online beda dengan media radio dan TV atau bahkan surat kabar.

Jika membuat iklan pada media online, maka diperlukan iklan banner dan juga kampanye online. Sehingga seorang copywriter harus tahu bagaimana cara membuat iklan untuk media itu. Seorang copywriter juga dituntut punya tingkat kreatifitas tinggi. Dapat dibilang posisi ini bisa diisi oleh orang yang memang punya bakat dalam kreasi dan ide.

Terutama jika copywriting yang digunakan untuk bisnis online, maka seorang copywriter harus bisa membuat konten menarik untuk digunakan atau dibeli calon konsumen. Selain itu juga bisa mengarahkan pembeli agar menggunakan produk jada yang ditawarkan dengan cara membuat sebuah iklan. Seorang copywriter umumnya juga akan bekerja sesuai dengan deadline yang ditetapkan.

Seberapa pentingnya copywriting dalam sebuah bisnis?

Copywriting ialah salah satu bentuk dari teknik penjualan dan pemasaran yang akan dijalankan menggunakan tulisan sebagai perantaranya.

Copywriting juga dibuat dengan menggunakan sebuah teknik yang cukup bagus. Hal ini membuat para pembaca tulisan tersebut jadi terhipnotis dan bisa percaya agar membeli produk yang ditawarkan oleh pihak penjual. Sedangkan dalam dunia internet sendiri, copywriting ini juga digunakan untuk semua bidang, baik dalam bidang blogging maupun pada marketing sekalipun.

Pada bidang blogging, copywriting ini bisa digunakan untuk salah satu bentuk strategi yang cukup ampuh guna menaikkan jumlah pengunjung dari sebuah blog. Sedangkan jika untuk dunia internet marketing, copywriting ini jadi salah satu strategi jitu guna menaikkan jumlah penjualan produk maupun jasa. Copywriting juga penting untuk menaikkan target dari penjualan.

Teknik untuk belajar copywriting

Saat membuat copywriting, yang paling penting untuk Anda lakukan ialah membuat judul atau headline semenarik mungkin. Bagi copywriting headline merupakan harga mati. Headline ini juga menentukan pembaca mau menggunakan produk jasa milik Anda atau tidak. Untuk itu penting dalam mengetahui teknik membuat headline dengan baik agar bisa menarik minat pembaca.

Salah satu cara menarik minat pembaca ialah dengan membuat headline menujukkan keuntungan yang bisa didapat oleh pembaca jika menggunakan produk dari Anda. Misalnya dengan membeli dua gratis satu atau headline yang persuasif. Selain itu Anda bisa membuat headline dengan berbagi informaasi atau memberikan pengumuman penting pembaca untuk menggunakan produk Anda.

Teknik menulis dengan copywriting

Sebelum menulis, seorang copywriter wajib menentukan dulu tujuan apa konten tersebut dibuat. Dalam sebuah bisnis online, copywriting dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan, membuat komunitas, menginformasikan produk, menarik minta pembeli, mengarahkan pembaca agar mau membeli, dan lainnya. Copywriter harus fokus pada satu tujuan agar bisa lebih mudah menyusun konten.

Saat membuat konten untuk bisnis online, maka dalam tulisan copywriting yang dibuat gunakan testimoni agar bisa membuat tulisan lebih kuat dan meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa. Pastikan testimoni yang diberikan jujur dari para pelanggan. Jika Anda mendapat kritikan maka bisa digunakan mengevaluasi produk jasa agar lebih baik.

Karena copywriting untuk bisnis online sama seperti salesman, maka Anda bisa membuat tulisan seakan-akan seperti berbincang dengan pelanggan. Hindari penulisan yang kaku. Bisa membuat konten yang menarik untuk pembaca. Pastikan juga target pembaca agar bisa menyesuaikan dengan tulisan yang dibuat. Pastikan tidak menjual barang secara terang-terangan agar pembaca tidak kabur.

Sekian artikel kali ini Sob, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.