Panduan untuk Mentransfer File Antara Android dan Mac - Tidak seperti Windows, macOS tidak akan mengizinkan Anda untuk menelusuri beberapa sistem file ponsel Android Anda secara native. Layanan nirkabel ad-hocnya, AirDrop, juga tidak akan berfungsi dengan ponsel yang menggunkan sitem operasi Android.

Ini akan memungkinkan Anda mengandalkan opsi organisasi eksternal untuk mentransfer file dengan cepat antara Android dan macOS. Untung, Banyak aplikasi eksternal tepercaya (termasuk satu dari Google) mengisi bagian yang kosong. Berikut adalah panduan untuk Mentransfer File Antara Android dan Mac:

Android File Transfer

Android File Transfer milik Google adalah cara tercepat dan termudah untuk menemukan file ponsel Anda di Mac. Yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi gratis di Mac Anda dan menghubungkannya ke ponsel Android Anda. Android File Transfer secara otomatis mendeteksi koneksi. 

Lalu menampilkan jendela tempat Anda dapat mentransfer file bolak-balik, membuat atau menghapus folder, dan melakukan tugas manajemen file lainnya. Dan karena Anda menggunakan Mac, Anda tidak perlu khawatir menginstal driver apa pun.

OpenMTP

OpenMTP sangat mirip dengan Android File Transfer tetapi jauh lebih kuat. Ini memiliki antarmuka yang lebih baik, dengan jendela terpisah yang memungkinkan Anda melihat konten Mac dan ponsel Anda secara bersamaan, membuatnya lebih mudah untuk menyeret file dari satu tempat ke tempat lain. 

Anda bahkan bisa melihat beberapa file tersembunyi di keduanya jika Anda juga mau. Menyalin cepat, Anda dapat memindahkan file lebih dari 4GB sekaligus, dan ada pintasan keyboard untuk pengguna berpengalaman. Pemasangannya mudah, tetapi pastikan Anda mengikuti petunjuk saat memulai.

Apa Saja Panduan untuk Mentransfer File Antara Android dan Mac?

Commander One

Jika Anda mencari alat yang lebih canggih untuk mengelola ponsel Android Anda di Mac, Anda harus mencoba Komandan Satu. Commander One memungkinkan Anda mengunduh sebagian besar file dengan cepat. Ini memiliki clipboard yang kuat yang memungkinkan Anda mengubah disk dan melakukan banyak fungsi lainnya. Aplikasi ini memiliki antarmuka tab yang memudahkan untuk beralih di antara beberapa drive penyimpanan.

Selain itu, Commander One menawarkan berbagai macam pintasan keyboard yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Namun, aplikasi ini tidak gratis. Anda dapat mencobanya secara gratis selama lima belas hari untuk memutuskan apakah itu sepadan dengan uang yang Anda keluarkan.

Pushbullet

Pushbullet menghadirkan fitur yang biasanya hanya tersedia di seluruh perangkat Apple, seperti papan klip universal, ke Android. Pushbullet memungkinkan Anda berbagi file. Nyalakan penyimpanan internal ponsel di komputer dari jarak jauh. Hal ini memungkinkan untuk membalas pesan SMS dan melakukan banyak hal .

Instal aplikasi di ponsel Android Anda dan semua perangkat lain melalui klien browser (Anda harus menggunakan Chrome atau Firefox, bukan Safari). Setelah Anda masuk, Anda dapat dengan mudah mengirim file, tautan, dan lainnya ke semua platform.

Send Anywhere

Pushbullet dulu juga menawarkan layanan berbasis browser yang bagus untuk mentransfer file antara Android dan Mac secara nirkabel yang disebut Portal. Namun, itu ditutup pada Oktober 2021. Sebagai alternatif, kami merekomendasikan Send Anywhere Saja. Send Anywhere berfungsi mirip dengan Portal, tetapi tidak menggunakan browser. Lalu Anda harus menginstal aplikasi Mac sebagai gantinya. 

Anda bisa memasukkan sebuah kode dan transfer yang dimulai melalui jaringan Wi-Fi. Perbedaannya adalah Anda dapat dengan cepat memilih gambar dan video. Ada beberapa fitur yang lebih canggih seperti kompatibilitas Wi-Fi Direct dan banyak lagi.

Lebih baik lagi, Anda juga dapat membuat tautan file untuk dibagikan dengan banyak perangkat. Versi gratis dari Send Anywhere hadir dengan desain yang didukung iklan, tetapi Anda dapat meningkatkan dengan membayar sedikit biaya.

Layanan Penyimpanan Cloud

Jika Anda adalah seseorang yang hanya sesekali berbagi data antara komputer dan ponsel Android , Anda mungkin dapat mengandalkan penyimpanan cloud pilihan Anda seperti Google Drive atau Dropbox. Prosesnya cepat dan Anda tidak perlu melalui konfigurasi apa pun. Ditambah, memilih metode ini tidak akan membatasi file Anda hanya untuk ponsel Mac dan Android. Anda bisa mengaksesnya dari mana saja, apa pun perangkat yang Anda gunakan saat ini.

  • Panduan Professional: Jika ada yang menawarkan, maka instal alat pencadangan desktop berbasis layanan cloud Anda. Dengan begitu, file komputer Anda selalu tersedia untuk diunduh di ponsel Anda.

Pengalaman Mac dan Android yang Lebih Terhubung

Semua metode ini akan memungkinkan Anda berbagi file dengan mudah antara Android dan Mac, baik pada koneksi kabel maupun nirkabel. Apple belum menambahkan fitur kontinuitas untuk Android seperti ini, untungnya pengembang pihak ketiga telah maju dan membangun beberapa opsi hebat.