Panduan untuk Memperbaiki Disk Apakah Write Protected USB ErrorApakah drive USB Anda mengalami kesalahan perlindungan penulisan disk? Kita akan menjelaskan apa itu dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya. Satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah menempelkan file ke USB flash drive.

Pindai USB

Setiap kali Anda mencolokkan sebuah USB ke komputer atau lapyop, maka Anda harus memindai beberapa virus, terutama jika Anda telah menggunakannya di komputer yang tidak Anda miliki.Virus sering bertindak dengan cara mengisi drive USB Anda dengan file yang tidak masuk akal, dan ini dapat membuat drive USB Anda merespons dengan kesalahan seperti Write Protected USB Error dan hal ini sangat menjengkelkan.

Periksa Drive USB

Biasanya saya akan membuat sesuatu yang sederhana ini sebagai langkah pertama. Namun, saya lebih suka melihat Anda terlindungi dari virus daripada memulai dengan perbaikan yang lebih sederhana. Beberapa stik USB memiliki sakelar mekanis yang menempatkannya ke mode Write Protect. Ini bisa berupa sakelar penggeser yang sangat kecil yang mungkin tersangkut sesuatu di saku atau casing komputer Anda. 

Jika ini situasinya, cukup pindahkan sakelar ke posisi tidak terkunci dan salin file lagi. Untungnya, tidak banyak USB yang baru diproduksi dengan kunci ini lagi.  Periksa untuk Memastikan USB Stick Tidak Penuh Anda mungkin melihat pesan kesalahan Write Protected jika stik USB Anda penuh. 

Buka Windows Explorer, dan ramban ke My PC. Ini memberi beberapa gambaran umum tentang bagaimana semua drive yang terhubung ke sistem Anda. Anda bisa mengklik kanan drive USB lalu pilih Properties.

Apa Saja Panduan untuk Memperbaiki Disk Apakah Write Protected USB Error?

Hapus File Individu dengan Perlindungan Read-only

Terkadang satu file dapat mengganggu keseimbangan. Mungkin satu file ditandai "hanya-baca," dan menolak untuk dihapus dari drive. Ini menyebabkan pesan kesalahan yang sama sekali berbeda, tetapi tetap saja bisa mengecewakan. Jelajahi drive USB Anda, dan temukan file yang menyinggung. Klik kanan, dan pilih Properties. Pada bagian bawah panel, di bawah Atribut, pastikan Read-only telah dicentang.

Terkadang nama file tunggal menjadi rusak. Selain itu, nama file yang panjang adalah fitur Windows yang diwarisi yang tertanam dalam arsitektur MS-DOS. Panjang dan pendeknya adalah jika nama file melebihi 255 karakter, Anda akan mengalami kesulitan.

Utilitas Prompt untuk Perintah DiskPart

Apakah Anda tahu Command Prompt? Nah, Anda akan membiasakan diri dengan Command Prompt. Jangan khawatir, ini benar-benar tidak menakutkan, dan merupakan langkah logis berikutnya dalam upaya kami untuk memperbaiki stik USB Anda. Tekan tombol Windows + X , dan pilih Command Prompt (Admin) dari menu. Ketik diskpart, dan tekan Enter. Langkah selanjutnya adalah ketik list disk dan Enter.

Hapus Kesalahan Perlindungan Tulis di Windows Registry

Jika tidak ada langkah sebelumnya yang menyelesaikan kesalahan Read-only, jangan khawatir. Kami masih memiliki beberapa trik lagi dalam buku ini. Selanjutnya, kita akan mengedit Registry Windows. Jika Anda tidak nyaman mengedit registri, saya mengerti. Anda dapat melompat ke bagian berikutnya. Cara memformat drive USB yang dilindungi dari penulisan. Jika langkah itu agak terlalu drastis, saya sarankan untuk mencoba opsi ini.

Format Drive USB

Peringatan: Pastikan Anda mencadangkan semua file dan informasi dari drive USB ke komputer. Semua data akan hilang setelah Anda memformat drive USB. Memformat stik USB adalah pilihan terakhir. Namun, itu harus membuat drive USB Anda dapat dibaca dan ditulis. Sebelum memformat drive USB, tentukan jenis sistem file yang sudah dimiliki seperti NTFS atau FAT32. 

Biasanya sistem file yang ada adalah sistem file yang paling cocok untuk drive. Buka Windows Explorer, dan ramban ke My PC. Hal ini akan memberi Anda beberapa gambaran umum tentang semua drive yang telah terhubung ke sistem Anda. Lalu klik kanan pada drive USB kemudian pilih Properties. Tutup jendela Properties. Sekarang, klik kanan drive USB lagi, kali ini pilih Format. 

Tab Format juga berisi beberapa opsi yang bisa Anda sesuaikan, seperti sistem File yang disebutkan di atas, ukuran unit Alokasi, Label Volume, dan opsi Format Cepat. Ubah label Volume menjadi sesuatu yang mudah diingat. Saat kami menghadapi masalah perangkat keras potensial, hapus centang pada kotak Format Cepat. 

Itu akan memaksa format untuk melakukan lebih dari sekadar menghapus file. Misalnya, jika ada bad sector pada drive USB ini, maka format "penuh" akan segera menampilkan kesalahan. Memformat tidak akan memakan waktu lama, tetapi semakin besar drive, semakin lama Anda harus menunggu. 

Dengan asumsi tidak ada masalah fisik dengan drive, drive USB Anda akan diformat, dibersihkan, dan siap digunakan. Itulah ulasan tentang panduan untuk memperbaiki disk apakah Write Protected USB Error yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.