Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori yang bisa di customize namanya. Semisal kategori 'food and drink' di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman.

Pinterest merupakan aplikasi media sosial yang cukup populer. Dengan menggunakan Pinterest, Anda bisa membuat album foto atau video dengan estetik. Pinterest juga dikenal sebagai virtual pinboard.

Pinterest memungkinkan Anda untuk menyimpan pin ke papan. Anda hanya perlu memanfaatkan kolom pencarian yang tersedia. Kemudian isi dengan nama tempat, orang, film maupun merk tertentu. Isi papan tersebut juga dengan gambar yang relevan.

Lalu bagaimana menghasilkan uang dari pinterest?

Baik. Kita kita bahas di sini.

Kita dapat menggunakan program afiliasi.

“Pinterest adalah sumber lalu lintas yang luar biasa untuk pemasaran afiliasi karena dapat membantu mengarahkan pengunjung ke situs web Anda setiap hari, Saat pengunjung dari Pinterest mengeklik gambar pin Pinterest Anda, mereka akan diarahkan ke situs web Anda yang dapat membantu meningkatkan penjualan afiliasi.”

Kedengarannya menarik, tetapi Anda mungkin bertanya-tanya… apakah Anda diizinkan memasang tautan afiliasi di Pinterest? Apakah ini semua "di atas papan?"

Iya! Menggunakan Pinterest untuk pemasaran afiliasi benar-benar sesuai dengan persyaratan layanan platform, jadi jangan khawatir.

Namun, Anda ingin mengikuti praktik terbaik berikut:

Periksa aturan program afiliasi Anda - Anda perlu memeriksa aturan semua program afiliasi tertentu yang Anda ikuti. Misalnya, Kebijakan Afiliasi Etsy tidak mengizinkan afiliasi untuk memposting tautan mereka langsung di Pinterest. Sebagai gantinya, Afiliasi Etsy mempromosikan produk dalam posting blog, dan kemudian menautkannya dari pin mereka.

Berikan nilai, bukan spam - Jangan hanya menautkan ke produk dan halaman menggunakan citra yang disediakan dan berharap akan menghasilkan pembunuhan. Sebaliknya, Anda perlu menawarkan sesuatu yang berharga kepada audiens Pinterest Anda. Buat postingan blog, video, atau panduan gratis yang menarik. (Kami membicarakan hal ini lebih lanjut di bagian tentang contoh corong afiliasi.)


So? Bagaimana caranya menggunakan program affiliasi?

Pertama tentu butuh akun Pinterest.

Kemudian yang kita lakukan berikutnya adalah membuat board di Pinterest lalu secara berkala nge-Pin konten-konten affiliate ke situ, bisa ambil di Creative Market, Creative Fabrica, dll.

Sehari dibatasi ya, jangan lalu nyepam PIN, bisa-bisa akun kena suspend kalau terlalu banyak yang dipin dalam sehari.

Bikin board yang spesifik, dioptimasi title board, keyword, description hingga tag konten yang dipin. Tidak ada batasan mau berapa board dan pin yang dibuat, tapi lebih ideal dan maksimal kalau riset dulu sebelum membuat board dan pin.

Sudah ada gambaran? 😄 semoga sudah ya Sob.

Selain bisa jualan affiliate, Beberapa orang lainnya lebih menggunakan Pinterest sebagai sumber trafik alternatif selain organic traffic.

Biasanya trafik dari Pinterest lebih berkualitas dibandingkan dari sosmed lain, karena tipikal usernya memang spesifik.

Gimana? kalian tertarik? Sekian dulu artikel dari saya, sampai jumpa di artikel berikutnya.