Cara Terbaik untuk Mengatasi Internet yang Lambat - Ada beberapa alasan kenapa koneksi internet Anda menjadi sangat lambat bahkan ketika Anda membayar koneksi berkecepatan tinggi seperti DSL atau kabel. Internet dibangun di atas ratusan teknologi berbeda, yang berkomunikasi satu sama lain, dan itu berarti data dapat melambat sebelum mencapai Anda. Bisa jadi Penyedia Layanan Internet Anda, perangkat keras, atau server DNS yang mungkin salah. Tapi ada faktor lain yang harus dicari penyebabnya.

Lihat Apakah Perangkat Keras Anda Bermasalah

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang cara terbaik untuk Mengatasi Internet yang Lambat yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Sama seperti komputer, modem dan router yang memiliki mikroprosesor dan memori kecil. Karena aturan pertama pemecahan masalah komputer adalah reboot, berikan modem dan router Anda reset cepat dengan mematikan atau mencabutnya, tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali. 

Secara umum, 90% masalah konektivitas dapat diselesaikan dengan mem-boot ulang kedua peralatan ini. Anda mungkin juga memiliki perangkat lunak antivirus yang mencegah Anda mengakses situs tertentu. Jika Anda tahu situs web aman, coba tambahkan URL ke situs tepercaya browser Anda, lalu lihat apakah situs akan dimuat.

Evaluasi Keterbatasan Peralatan

Banyak orang tidak menyadari bahwa modem dan router perlu diganti secara berkala. Jika Anda memiliki salah satu perangkat selama lebih dari beberapa tahun, perangkat tersebut mungkin berfungsi dengan baik, tetapi bisa jadi sudah ketinggalan zaman.Alasannya adalah teknologi terus maju dengan kecepatan internet yang lebih cepat, tetapi peralatan lama Anda mungkin tidak dapat menangani kecepatan tertinggi terbaru tersebut. 

Bagaimana Cara Terbaik untuk Mengatasi Internet yang Lambat?

Anda bisa membayar untuk koneksi cepat, tetapi sebenarnya terjebak di jalur lambat. Modemyang dihubungkan oleh kabel akan masuk ke rumah Anda dan ini adalah hub utama untuk layanan, dan biasanya disediakan oleh penyedia Anda. Jika modem Anda lebih dari lima tahun, minta penyedia Anda untuk menukarnya dengan model yang lebih baru. 

Bagian penting lainnya yang harus diperbarui secara berkala adalah router Wi-Fi Anda. Kadang-kadang ini dibangun ke modem Anda, tetapi seringkali merupakan unit yang berdiri sendiri untuk menyebarkan sinyal Anda secara nirkabel ke seluruh rumah Anda.

Perbaiki Sinyal Wi-Fi

Anda Jika modem dan router Wi-Fi Anda mutakhir, tetapi sinyal Wi-Fi Anda lemah, ada beberapa cara untuk mengubah kinerja. Pikirkan router nirkabel Anda sebagai antena besar. Pastikan untuk menempatkannya di lokasi pusat dan tidak terhalang. Sebuah router mungkin bukan hal tercantik untuk dilihat. 

Tetapi Anda tidak ingin menyimpannya di dalam lemari atau bahkan di rak yang rendah. Anda dapat menambahkan stasiun satelit ke beberapa router yang lebih baru untuk meningkatkan sinyal Anda ke garasi atau ruangan lain yang jauh.

Mengatasi Masalah Bandwidth di Situs Web

Terkadang situs web tertentu memuat atau berfungsi lambat karena masalah bandwidth. Anda harus memikirkan bahwa bandwidth sebagai pipa yang harus dilalui oleh banyak data dari sebuah situs ke Anda, dan dari Anda ke titik lain melalui internet. Semakin besar pipa, semakin baik. Bandwidth 100Mbps akan jauh lebih cepat daripada bandwidth 25Mbps. Jika hanya situs web perusahaan Anda yang memuat lambat. 

Sementara yang lain di internet baik-baik saja, Anda (atau sumber daya TI Anda) dapat mengatasi masalah tersebut. Sebuah situs web yang memiliki spanduk video dan konten yang berat dengan foto membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk pengalaman pengguna yang halus. 

Pertama, pastikan media dioptimalkan sebelum memuatnya di situs. Ukuran file gambar yang keluar dari kamera digital sangat besar dibandingkan dengan ukuran yang diperlukan untuk ditampilkan di situs web.

Bekerja Lebih Efisien

Mengetahui koneksi internet Anda mungkin lebih cepat dan lebih lambat pada waktu yang berbeda dalam sehari, Anda dapat memprioritaskan pekerjaan Anda sesuai dengan itu. Jadwalkan unduhan besar dan proyek intensif data di waktu tidak sibuk ketika Anda memiliki koneksi yang lebih cepat, dan gunakan pagi hari untuk menjawab email, mengerjakan dokumen, dan membalas panggilan telepon.

Banyak aplikasi hadir dengan mode offline. Misalnya, saat Anda berada di internet, Anda dapat masuk ke pengaturan Google Drive dan mengatur akses ke Google Documents, Spreadsheet, dan Slide untuk mengakses dan mengedit secara offline.

Coba Server DNS Baru

Bagaimana internet menerjemahkan nama situs web yang Anda ketikkan ke dalam bilah pencarian URL cukup menakjubkan pada tingkat dasar. Komputer menggunakan sesuatu yang disebut DNS, atau Sistem Nama Domain, untuk mencari numerik dari nama itu dan menyajikan informasi kembali dalam bentuk situs web. 

Namun, server DNS dapat dan memang turun atau dibebani pajak. Ada alternatif cepat dan gratis yang bisa Anda coba untuk mempercepat prosesnya, seperti Google DNS atau Cloudflare. Itulah ulasan tentang cara terbaik untuk Mengatasi Internet yang Lambat. Semoga bermanfaat.