Cara Memeriksa Aplikasi Android yang Aman untuk Diunduh - Toko aplikasi seperti Google Play Store meningkatkan keamanan setiap tahun. Aplikasi jahat masih menemukan jalan untuk menyusupi ponsel pengguna. Untuk memastikan aplikasi aman, Anda harus tahu apa yang harus dicari dan di mana mencarinya.

Cari Bendera Merah di Ulasan

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang cara memeriksa Aplikasi Android yang aman untuk diunduh yang perlu Anda ketahui. Sangat penting untuk melihat melampaui peringkat bintang aplikasi. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang mendasarkan keputusan mereka pada ulasan, dan pengembang jahat menyalahgunakan kepercayaan ini dengan menanamkan ulasan palsu di aplikasi mereka.

Oleh karena itu, ulasan adalah salah satu hal terpenting untuk diperiksa saat mengunduh aplikasi baru. Pesan bintang lima sering didorong ke depan. Jadi, Anda mungkin harus mengeklik beberapa filter untuk melihat keluhan orang. Jika lebih dari satu atau dua orang memperingatkan bahwa aplikasi tersebut scam atau mengandung elemen jahat, perhatikan. Bahkan jika komentarnya adalah hiperbola samar-samar. 

Seperti "ini merusak ponsel saya", lebih baik aman daripada menyesal. Jika aplikasi memiliki banyak ulasan bagus, lihat seberapa mirip ulasan ini. Biasanya, ulasan palsu adalah komentar singkat yang bersemangat dengan pernyataan umum. Misalnya, "Aplikasi paling hebat! Saya sangat menyukainya." Mereka biasanya tidak menyoroti fitur tertentu. Tentu saja, beberapa orang meninggalkan ulasan seperti ini. 

Hal utama yang harus dicari adalah kuantitas. Jika ada banyak ulasan singkat yang tampak serupa, ulasan tersebut mungkin telah disalin, atau dibuat oleh bot. Terakhir, scammers tidak dikenal karena layanan pelanggan mereka yang luar biasa. Jika pengembang membalas komentar, ini pertanda baik bahwa aplikasi tersebut sah. Terutama jika mereka mencoba untuk membantu orang dengan keluhan mereka.

Bagaimana Cara Memeriksa Aplikasi Android yang Aman untuk Diunduh?

Baca Deskripsi Aplikasi dengan Hati-hati

Masalah ejaan dan tata bahasa tidak selalu berarti aplikasi berbahaya. Ini mungkin hanya berarti keterampilan menulis pencipta tidak setinggi keterampilan pemrograman mereka. Pengisian kata kunci adalah tanda bahaya yang lebih andal. Pengembang yang jujur ​​akan memasukkan kata kunci ke dalam kalimat secara alami. Jika teks mulai mencantumkan istilah pencarian alih-alih mendeskripsikan produk, itu adalah tanda bahaya.

Anda juga harus berhati-hati terhadap deskripsi yang antusias tetapi tidak spesifik. Janji yang luas untuk menyelesaikan semua masalah Anda, atau untuk berjalan dengan sempurna setiap saat jarang benar. Aplikasi tepercaya dapat menyebutkan fitur tertentu dan menjelaskan bagaimana fitur tersebut menambah pengalaman Anda. Scammers lebih cenderung untuk menggeneralisasi.

Jika aplikasi menawarkan pembelian dalam aplikasi atau paket berlangganan, itu akan memberikan lebih banyak detail. Jika deskripsi tidak memberi tahu Anda manfaat spesifik apa yang akan diperoleh dari pembayaran Anda, itu adalah tanda bahaya. Demikian pula, aplikasi yang tidak memberikan detail tentang apa yang dapat dilakukan aplikasi mereka mungkin menyembunyikan sesuatu. 

Periksa Hitungan Unduhan

Mulailah dengan melihat tanggal rilis. Jika sebuah aplikasi tidak hanya berumur satu atau dua tahun tetapi memiliki jutaan unduhan, ini adalah tanda bahaya besar. Kemungkinan jumlahnya dilebih-lebihkan secara artifisial. Pengembang jahat melakukan ini dengan menggunakan bot atau akun palsu untuk mengunduh aplikasi mereka berulang kali. Tidak ada aturan keras tentang berapa banyak unduhan yang terlalu banyak. 

Tapi kita bisa menggunakan rata-rata untuk membangun kerangka acuan. Sulit bagi aplikasi baru dari penerbit yang tidak dikenal untuk mencapai 500 unduhan pada akhir bulan pertama. Sebagian besar aplikasi baru tidak sampai sejauh itu, berkinerja buruk dalam periode rilis baru yang penting itu.Inilah sebabnya mengapa tingkat unduhan yang tinggi dari penerbit yang tidak dikenal sangat mencurigakan. 

Hampir tidak pernah terdengar bagi aplikasi baru untuk mencapai puluhan ribu unduhan hanya dalam beberapa bulan. Jika itu terjadi, itu pasti akan menjadi berita. Jika aplikasi ini benar-benar sukses, setidaknya akan ada beberapa blog teknologi yang membicarakannya. 

Aplikasi yang telah beberapa tahun meningkatkan jumlah unduhannya mungkin lebih aman. Banyak aplikasi scam memiliki masa pakai yang pendek, dihapus saat laporan menumpuk. Tetapi Anda tidak boleh mempercayai aplikasi berdasarkan usia dan popularitasnya saja. Beberapa aplikasi populer juga berbahaya.

Temukan Halaman Web Pengembang

Anda dapat menemukan halaman web dengan mengklik nama pengembang di Google Play Store. Anda juga dapat Google string berikut: "Aplikasi seluler [NAMA DEV]." Pastikan untuk memeriksa hasil Google News. Apakah pengembang ini menjadi berita terkait skandal akhir-akhir ini? Bagaimana dengan perusahaan induk Melihat aplikasi pengembang lainnya juga dapat memberi Anda petunjuk. 

Jika ada pengembang Aplikasi Android yang hanya memiliki sejumlah kecil aplikasi, tetapi jumlah unduhan yang konyol, itu adalah tanda bahaya. Jika mereka memiliki banyak aplikasi, tetapi satu-satunya perbedaan yang jelas adalah nama atau warna ikon, itu juga merupakan bendera merah.