Hai sob! tidak bisa kita pungkiri bahwa keseharian kita sangat bergantung kepada teknologi ya. Karena teknologi sudah berkembang pesat dan semakin canggih dari waktu ke waktu. Terlebih lagi di masa pandemi ini, semua aktivitas kita lakukan secara online. Bekerja, belajar, belanja, transaksi perbankan, hingga investasi semuanya bisa dilakukan secara online.

Meskipun teknologi sudah dirancang seaman mungkin, oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab masih bisa saja menemukan celah untuk melakukan penipuan online. Maka dari itu, kita harus tetap waspada saat melakukan aktivitas secara online, apalagi saat kita sedang bertransaksi melalui platform digital.

Nah, jangan sampai akun digital kamu diretas dan disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengantisipasi, kamu harus mengenal berbagai macam jenis penipuan online yang ada di bawah ini.

Phising

Phising adalah bentuk tindakan penipuan dengan mencuri informasi penting dengan mengarahkan korban untuk masuk ke halaman/situs palsu yang bertujuan untuk menjebak korban. Pada umumnya, kejahatan ini menargetkan layanan streaming berbayar, perbankan, e-commerce, dan UMKM.

Social Engineering

Istilah ini digunakan untuk berbagai tindak kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan interaksi dengan manusia. Penipu akan menggunakan manipulasi psikologis untuk menipu targetnya agar melakukan kesalahan keamanan.

Scam

Scam adalah bentuk tindakan penipuan yang sudah direncanakan, biasanya bertujuan untuk mendapatkan uang dengan cara menipu atau membohongi orang lain. Biasanya terjadi melalui kontak komunikasi, baik melalui media chat, telepon, dll.

Account Take Over

ATO (Account Take Over) adalah bentuk tindak penipuan pengambil alihan akun secara tiba-tiba dan korban biasanya langsung merasakan dampaknya dalam sekejap.

Share Card Info

Bentuk tindakan penipuan dengan mencuri informasi data data kartu, baik nomor kartu atau kode OTP dari Bank penerbit. Modus yang paling umum dilakukan adalah dengan menghubungi korban dengan mengatasnamakan Bank atau instasi terkait yang lainnya.

Itu dia sob beberapa penipuan online yang sering terjadi pada saat ini. Tetaplah Hati-hati sob!